Teaching, Writing, Crafting and travelling

Minggu, 29 Januari 2017

STP kartu sakti di SINGAPURA


Masih tentang negara singa a.k.a singapura. Why oh why? bahasnya singapura melulu?? Ya maklum lah newbie traveller yang terhempas sama budget traveling yang terbatas jadi baru nyoba melipir ke singapura aja.
Oke back to topic gais, STP itu apa? Kartu sakti, maksudnya gimana? Jadi gini lho gais, STP itu singkatan dari Singapore Tourist Pass kartu ini merupakan kartu sakti yang bisa membawa kita mengelilingi singapura menggunakan Bus atau MRT. Kalian bisa naik Bus LRT,dan MRT SEPUASNYA mau berapa kali bolak-balik, dari jam buka sampai jam tutup MRT asalkan kaki kalian setrong aja buat naik turun eskalator dan menyusuri lorong MRT yang panjangnnya mau nyaingin kasih ibu yang sepanjang masa. Percayalah ya kadang kita dibawa naik eskalator, turun eskalator lagi di satu stasiun MRT hanya untuk ganti line MRT aja. Gak ngerti dulu signapura ngebangun MRT kok iso kayak gitu? Canggih dan woow banget laah .
STP itu ada beberapa tipe sesuai lama pemakaian yaitu mulai dari penggunaan untuk 1 hari, 2 hari dan paling lama 3 hari. Kemarin saya beli yang 3 hari degan harga 30$S include deposit 10$S yang akan kita dapatkan lagi saat mengembalikan kartunya. Kalo mau buat kenang-kenangan buat  dipajang buat bukti pernah ke singapura boleh juga dibawa pulang Cuma kita ga bisa dapet uang depositnya *sayang sis, bro mending tuker lagi 10$ lumayan buat makan di airport atau beli coklat.
Dimana beli STP? Kalian bisa membelinya di Stasiun MRT di terminal 2 Airport Changi atau di Stasiun MRT Chinatown, City Hall, Orchard, Raffles Place, Ang Mo Kio, Bugis, dan Harbour Front.
Bagaimana cara menggunakan STP? Gampang banget gais STP ini pakai sistem tap and tap, jadi kalian cuman harus menempelkan kartu ke mesin sebelum masuk dan saat keluar stasiun atau bis. Tapi kemarin kartu STPnya bergantian error dan gagal masuk, tapi tenang don’t panic kita tinggal lapor aja ke bagian ticketing dan bilang kartu error gak nunggu lama cring kartunya bisa lagi dipake.
STP ini bisa dipakai ramai-ramai atau satu orang satu STP? Naah canggihnya sistem MRT singapura disini nih, kemarin pas STP mama error aku coba tap buat mama masuk eh pas di tap lagi “kartu sudah digunakan” jadi kartunya itu gak bisa dipake dua kali gais. Jadi tentulah si STP ini tidak bisa dipakai bareng-bareng, satu orang harus satu STP. Nak kalau anak kecil pas masuk digendong aja jadi bisa masuk berbarengan. Pernah dibaca ada lifehack yang TIDAK BOLEH DITIRU jadi kita bisa pake bareng-bareng si STP dengan cara pas di TAP sekali masuk berdempetan dua orang, tapi booo secara ya singapore itu negara penuh denda kalo melakukan pelanggaran bisa tekor nanti kalo ketauan melanggar peraturan jangan deh jangan udah manut aja ya malu kita masa nakal di negara orang.
Apa keuntungan menggunakan STP ini?
Pertama, Hemat waktu, karena kamu ga perlu bolak-balik antri mesin tiket setiap kali akan masuk stasiun, belum lagi harus menghitung koin-koin SGD sesuai tarif tiket yang harus dibayar. Meski sebenarnya kalau adanya uang kertas ya tetap bisa membeli tiket, tapi kembalian uang koin kan lama-lama bikin berat kantong.
Kedua,  Lebih irit, ini pengalaman saya ketika harus pindah dari MRT ke bis kota. Jarang banget sopir bisnya mau memberikan kembalian atas uang tiket bis yang kita bayar. Dan kalau kita niat bayar pakai recehan SGD bisa menghambat laju orang  yang akan masuk ke bis. Kalau nominal SGD terkecil kita SGD5 dan tarif tiket bis hanya SGD3,5 ya harus ikhlaskan sisanya. Kan pak sopir juga repot sebenarnya kalau harus cari kembalian buat kita.
Ketiga, saat kita membeli STP kita akan dikasih buku kecil yang berisi peta MRT yang gak bikin bingung daaaan sssst ada beberapa potongan diskon masuk wahana wisata di singapore serta potongan harga di beberapa restoran yang tertera di bukunya itu lho tuh kan kurang sakti apa si STP ini.


 
buku STP diberikas saat kita membelinya 

Map MRT 

contoh kupon diskon di buku STP


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram Daily

Blogger templates