Teaching, Writing, Crafting and travelling

Minggu, 01 November 2015

#DIY KOMPOR KARDUS



Anak anda ingin jadi koki? Atau anak ingin meniru gaya anda beraksi didapur? Mau beli mainan masak-masakan harganya nguras dompet, Tenang saya punya solusinya. Dirumah punya kardus bekas ga? Pasti ada deh bekas mie instan, bekas kardus susu atau bekas alat elektronik.  Mari kita sulap barang bekas limbah rumah tangga menjadi mainan anak yang luar biasa. Kali ini saya mengajak moms dan adik-adik membuat kompor. Sebenarnya ini adalah project saya untuk membuat properti sentra drama di Kelompok Bermain Warna Plus. Berhubung sekolah tak punya biaya yang cukup untuk beli peralatan dapur mini pabrikan jadilah the power of kepepet nyicil peralatan dapur berbahan kardus ini.

Yuuuk cus langsung kita bikin-bikin. Bahan-bahan yang dibutuhkan gampang kok moms yaitu : kardus bekas, pensil, spidol permanent, cutter, gunting, penggaris, tusuk gigi/tusuk sate dan lem kayu FOX (lupa ga kefoto), plus sedikit pengetahuan geometri bangun ruang).



Cara membuat:
1.     Buat kerangka balok dengan ukuran 10 x 10 x 5 cm meggunakan pensil, lalu potong polanya menggunakan cutter/gunting (lebih rapih menggunakan cutter, saya gunakan gunting untuk pinggiran saja, sedangkan untuk tekukan bagian kompor agar mudah dilipat saya kerat menggunakan cutter)
2.   Susun pola yang sudah dipotong lalu lem menggunakan lem kayu ( saya sengaja menggunakan lem kayu karena daya tempelnya kuat, dan pas kering si lemnya jadi bening tak berbekas)
3.  Setelah berbentuk balok buat ornamen menggunakan spidol permanent buat outline diatas permukaan kompornya.
4.   Buat lingkaran diameter 8-9 cm beri outline diatasnya, lalu buat lingkaran ditengahnya. Tempelkan diatas kompor.
5.  Potong kardus berbentuk segitga siku-siku (ukuran disesuaikan) sebagai tungku penaha panci/wajan buat 4 dengan masing-masing terbuat dari 3 lapis kardus yang direkatkan dengan lem. Lalu tempelkan di ke empat sisi lingkaran yang sudah ditempel diatas kompor.
6.     Untuk ornamen pemantik kompor buat pola lingkaran diameter 4 cm buat 2 buah direkatkan menggunakan lem.
7.  Buat pegangan pemantik berbentuk persegi panjang ukuran 1 x 4 cm sebanyak 2 buah.
8.    Tancapkan tusuk gigi/tusuk sate tepat ditengah lingkaran pemantik. Saat menusukan tusuk gigi/tusuk sate lebihkan 3 cm sebagai penyambung ke kompornya dan lebihkan 1-2 cm untuk menyampungkan pemantik dengan pegangan pemantik agar pemantik bisa diputar layaknya pemantik kompor sungguhan
9.     terakhir beri ornamen pada pemantik kompor buat outline  pada pemantik dan jangan lupa beri tanda api menyala (on) dan off pada kompor.
10. Daaaan selesai kompor pun siap dimainkan.

Penampakan kompor kardus dari dekat

       untuk ornamen alat masak saya pakai alat masak-masakan yang sudah ada disekolah.  kalo moms mau buat peralatan masak dari kardus juga bisa kok. untuk insporasi bisa intip pinterest atau mbah google dengan tag kitchen cardboard. 
      selamat berkreasi dan selamat bermain....

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram Daily

Blogger templates